X MM 1

Selasa, 03 Juni 2014

Etimologi Multimedia


 Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
ETIMOLOGI   Leave a comment
ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Kata multimedia pertama kali dikenel pada dunia teater sejak tahun 1990, yang bertujuan untuk mendramatisasi sebuah cerita atau sebuah drama, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video. Umumnya orang mengenal multimedia sebagai system dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam perkembangannya pengajaran, latihan, sedang dalam system perekonomian layak digunakan untuk egiatan promosi penjualan.
Menurut Robert Webking, kata multimedia dibagi atas dua kata yaitu; “multi” (banyak) dan “media” (perantara). Jadi secara etimologi, multimedia adalah banyaknya perantara.
1.1KATEGORI MULTIMEDIA
Multimedia dapat didefinisika menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication.
1.Multimedia Conten Production
Multimedia conten production adalah pengolahan komponen-komponen multimedia (images, video,dll) menjadi produk multimedia.
Komponen:
Gambar
  • Video/ Visual
  • Audio/Sound
  • Animasi
  • Texs
  • Grafik
  • Interaktif/interaksi
Komponen multimedia yang berupa gambar, video, audio, animasi, texs dan grafik (produk multimedia) yang merupakan komponen untuk membuat suatu film. Sedangkan interaktif adalah interaksi (ikut) menjadi komponen produk multimedia.
2.MultimediaCommunication
Multimedia communication adalah penggunaan alat media masa.
Komponen:
1.Televise
2.Radio
3.Game
4.Entertaiment
5.ICT(internet)
6.Film
7.Mediacetak
8.Musik
9. dll
HUBUNGAN MULTIMEDIA CONTEN PRODUCTION DENGAN MULTIMEDIA COMMUNICATION
Hubungan multimedia conten production dengan multimedia communication sangat erat, mengapa? Karena kedua kategori tersebut saling membutuhkan satu sama lainnya. Contoh sederhana saja, misalnya kita membuat suatu produk yang berupa film , film merupakan kategori multimedia conten production dan untuk mempublikasikan sebuah film yang di buat kita memerlukan media masa agar produk yang dibuat cepat laku. Media masa merupakan kategori dari multimedia communication.
1.2 KARAKTERISTIK MULTIMEDIA
Karakteristik (bentuk) multimedia dibedakan menjadi dua bentuk yaitu:
1. Bntuk linier adalah sebuah stuktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari satu frame ke frame yang lain atau juga dapat diartikan pengguna hanya bisa menggunakan saja.
2. Bentuk non linier adalah stuktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.
Dari karakter tersebut meliputi :
- Persentasi multimedia yang meliputi non linier dan atau linier.
- Multimedia dapat membuat hubungan terstuktur yang disebut Hypermedia.
- Mengembang multimedia, memuat judul multimedia dengan Authoring.
- Proyek multimedia jika dipublikasikan disebut judul multimedia.
Beberapa istilah dalam multimedia yaitu:
1. Multimedia interaktif adalah multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
2. Programmer multimedia adalah orang yang mengintregasikan keseluruhan elemen bentuk yang hakus menggunakan sebuah bahasa pemrograman.
3. Proyek multimedia adalah sasaran prangkat lunak dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layer computer atau televise. Atau disebut dengan proses pembukaan Multimedia.
1.3 MANFAAT MULTIMEDIA
Multimedia memiliki manfaat antara lain yaitu :
- Industri kretif
- Komersial
- Hiburan dan Seni rupa
-Matematika dan Penelitian Ilmiah
- Kesehatan
- Gambar Dokume
Top of Form
Bottom of Form
Bottom of Form

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar