LEMBAR PENGESAHAN
CD Interaktif
“Mengenal Desain Grafis”
Diajukan oleh :
Aldy Sudrajat Nur Rahman
121310543
121310543
Muhamad Deni Ramdani
121310552
Mengetahui :
Garut, 7 April 2014
Ketua Program Multimedia
Drs. Cucu Sumiarsa M,Si
NIP.196708071994031010
NIP.196708071994031010
KATA
PENGANTAR
Puji
serta syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan perencanaan ini.
Adapun
pembuatan proposal ini untuk mengajukan tema yang akan dibuat dalam uji kompetensi nanti.
Demikian
lah harapan penulis, mudah-mudahan semuanya dapat dilaksanakan dengan baik
sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Dengan ini penulis mengucapkan
terimakasih.
Garut, 31 Maret 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar ............................................................................................................
Daftar isi .......................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
1.2 RUMUSAN MASALAH .. ....................................................................................
1.3 BATASAN MASALAH
1.4 TUJUAN........................... ....................................................................................
BAB II
Landasan Teori
2.1 Dasar Teori .......................................................................................................
BAB III Konsep Produk
3.1 Pra Produksi.......................................................................................................
3.2 Produksi.............................................................................................................
3.3 Post Produksi.....................................................................................................
BAB
IV Penutup
4.1 Kesimpulan........................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Kemajuan teknologi yang pesat pada saat ini menimbulkan berbagai macam
kegiatan yang dapat dilakukan. Dari kecanggihan tersebut, berbagai informasi
dapat kita peroleh. yang ingin kita cari misalnya adalah CD Interaktif mengenai
sebagai. Sebuah CD Interaktif Media Pembelajaran ini untuk memberikan
pengetahuan tentang Desain Grafis
1.2
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
uraian di atas saya berusaha mengaitkan antara teknologi dengan kegiatan
pembelajara yang memang dirasa belum maksimal bila hanya dilakukan di
lingkungan. Atas dasar itu saya membuat CD Interaktif mengenai “Mengenal Desain
Grafis”
1.3
BATASAN MASALAH
Dalam pembuatan CD
Interaktif ini dibatasi oleh materi CD interaktif yang hanya membahas mengenai “Mengenal
Desain Grafis”
1.4 TUJUAN
1.4.1 Memberikan
kemudahan kepada semua orang untuk mengetahui tentang Desain Grafis
1.4.2 Mendapatkan
nilai yang baik dalam Ujian Kompetensi Multimedia.
1.4.3 Memungkinkan interaksi yang lebih
langsung antara siswa dengan
masyarakat yang awam akan Teknologi
1.4.4 Mendorong
siswa untuk melakukan praktik-praktik dengan benar
1.4.5
Merangsang siswa untuk tidak
mudah lupa pada materi yang sudah dipelajari.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Dasar Teori
2.1.1.
Microsoft Word
Microsoft
Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di
gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain
sebagainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam
mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk
pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu pengguna untuk
menyelesaikan pekerjaan terkait kata /teks/dokument /surat-menyurat dan
lainya.
2.1.2.
Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu
bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang
merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat
gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari
perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di
penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan
bahasa pemrograman bernama ActionScript.
2.1.3. Corel Draw
COREL DRAW adalah
suatu piranti lunak komputer yang digunakan untuk menggambar,membuat logo,edit
foto menjadi bitmap,edit foto menjadi gambar kartun,design kaos, dan semua yang
berhubungan dengan grafis dan coret-coretan yang menghasilkan kreasi gambar
yang menarik. Kelebihan coreldraw terletak pada tool-toolnya yang lebih
bersifat freehand, karenanya coreldraw pada dasarnya sebagai software grafis
coreldraw bisa berdiri sendiri, Karena berbasic vektor dan bersifat freehand inilah,
software ini bisa dijadikan pilihan utama untuk pembuatan sebuah logo.
2.1.4.
Camtasia Studio
Camtasia Studio adalah
software untuk mengelola berbagai format video juga bisa merekam Aktifitas yang
dilakukan, Camtasia Studio ini mendukung semua format video. Mengedit &
menyimpan file video dalam format AVI, VOB, MP4, DVD, WMV, 3GP, MOV, MKV,
H.263/H.264 codec, dll. Fungsi Utamanya adalah mengedit video untuk fantasi, memangkas, memotong, split, merger, memutar dan campuran video.
BAB III
KONSEP PRODUK
3.1. Pra Produksi
3.1.1. Konsep
Judul : Mengenal Desain Grafis
Audience : Masyarakat dan Pelajar
Image : dibuat dengan format JPG
Audio : dibuat dengan format mp3
Video : dibuat dengan format AVI
Animasi : dibuat menggunakan sofware Adobe
Flash CS5
Software : Microsoft Word
Adobe Flash
Corel Draw
Camtasia Studio
3.1.2.
Schedule
NO
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Keterangan
|
1.
|
Persiapan
Alat dan Bahan
|
5
– 8 Mei 2014
|
|
2.
|
Pembuatan
Desain Cover, Background
|
9
– 10 Mei 2014
|
|
3.
|
Pembuatan
Desain Layout Buku Digital, Video Bumper dll
|
11
– 18 Mei 2014
|
|
4.
|
Penyempurnaan
Desain
|
19
– 20 Mei 2014
|
|
5.
|
Pemrograman
Flash
|
21
– 28 Mei 2014
|
|
6.
|
Evaluasi
|
29
– 30 Mei 2014
|
3.2. Produksi
3.2.1. Pembuatan Bumper in
menggunakan Adobe Flash.
3.2.2. Pembuatan design background
menggunakan Corel Draw.
3.2.3. Penggabungan semua componen
menggunakan Adobe Flash.
3.3. Post Produksi
3.3.1. Memburn file CD Interaktif
yang telah selesai ke dalam DVD.
3.3.2. Mendesign cover dan label DVD
menggunakan software Corel Draw.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Menampilkan sebuah karya yang baik
dan dapat diterima oleh orang lain tidak semudah yang dibayangkan, kita
memerlukan kerja sama yang baik untuk mengerjakannya. Banyak pengetahuan yang
dapat diambil dan dimanfaatkan untuk selanjutnya.
B. Saran
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan CD Interaktif ini
masih jauh dari kesempurnaan, dikarenakan keterbatasan ilmu dan pengetahuan
yang kami miliki, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat
kami butuhkan untuk pengembangan ilmu kami dikemudian hari.